Minggu, September 01, 2013

Spiritual, Spiritualitas dan Religi

SPIRITUAL , SPIRITUALITAS DAN RELIGI
Oleh : Tanhadi

SPIRITUAL : Adalah sesuatu yang berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan / rohani/ batin.
Salah satu aspek dari spiritual adalah memiliki arah tujuan, yang secara terus menerus meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan berkehendak dari seseorang, mencapai hubungan yang lebih dekat dengan ALAM SEMESTA, serta menghilangkan ilusi dari gagasan salah yang berasal dari alat indra , perasaan, dan pikiran.

SPIRITUALITAS : Adalah kemampuan internal kecerdasan (bawaan otak) dan kondisi batin/jiwa manusia, yang sumber terdalamnya adalah alam semesta.  Misinya adalah pencarian dan perenungan terhadap aspek-aspek spiritual seperti kebencian, keserakahan, kealpaan, ketidaktahuan, perangai buruk dan kejahatan lainnya. Hal ini memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemauan dan kemampuan intelektual serta penalaran dalam mengetahui sebab musababnya.

Spiritualitas TIDAK HARUS berhubungan dengan kedekatan seseorang dengan aspek ketuhanan, sebab seorang humanis ataupun ateis pun dapat memiliki spiritualitas.

RELIGI / RELIGION / AGAMA : Adalah merupakan praktek prilaku tertentu yang dihubungkan dengan Kepercayaan kepada Tuhan, yaitu kepercayaan akan adanya kekuatan adikodrati di atas manusia yang dinyatakan oleh institusi tertentu yang dianut oleh anggota-anggotanya.  Pada umumnya Agama memiliki kesaksian iman , komunitas dan kode etik yang diwarisi atau bersifat turun-temurun dari para pendeta, nabi dan kitab suci atau ditanamkan melalui keluarga dan tradisi.  

Dengan kata lain SPIRITUAL memberikan jawaban SIAPA DAN APA SESEORANG ITU (keberadaan dan kesadaran). Sedangkan RELIGI / AGAMA memberikan jawaban APA YANG HARUS DIKERJAKAN SESEORANG (prilaku atau tindakan).

Seseorang bisa saja menganut agama tertentu, namun memiliki spiritualitas . Orang - orang dapat menganut agama yang sama, namun belum tentu mereka memiliki jalan atau tingkat spiritualitas yang sama.



-oOo-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar