Sabtu, Maret 29, 2014

Agama Apa Ini? (Bagian : 3 - Tamat)

MANUSIA DAN TUHAN

Tanpa menempatkan manusia dan takdirnya di bawah kesewenang-wenangan Tuhan tak dikenal dan membuat mereka takluk terhadap kekuatan tertinggi, agama ini meningkatkan kedudukan umat manusia yang berharga karena kecerdasannya.

Agama ini menyatakan kita bagaimana melayani orang lain tanpa mengharapkan pamrih. Para pemeluk agama ini berusaha menjauhkan diri dari perbuatan jahat, bukan karena merasa takut kepada Tuhan, melainkan karena menyadari sebab-sebab yang membawa penderitaan terhadap semua makhluk hidup.

Dorongan mereka berbuat baik untuk membantu orang lain tidaklah menyenangkan Tuhan dengan mengharapkan imbalan, tetapi karena perasaan welas asih terhadap orang lain.

Agama ini mengajarkan kepada Anda bagaimana menemukan jalan untuk mencapai kebajikan dan kebijaksanaan sempurna tanpa “Tuhan berpribadi”, pengetahuan tertinggi tanpa “Wahyu”, suatu sumbangan yang tertib dan adil bagi dunia moral yang dilaksanakan karena kebutuhan hubungan dengan hukum-hukum alam dan kehidupan sendiri; keadaan seterusnya tanpa keterpisahan “jiwa abadi”, kebahagiaan kekal tanpa suatu surga; kemungkinan penebusan tanpa sesuatu yang dialami sang penebus; suatu penyelamatan yang ada pada setiap orang, dan yang dapat dihasilkan dalam kehidupan ini dengan melatih kemampuan sendiri.

Tanpa kenikmatan indra dapatkan kehidupan ini bertahan? Tanpa keyakinan adanya perbuatan-perbuatan amoral, dapatkan manusia bermoral? Tanpa memohon kepada Tuhan, dapatkan manusia memajukan dirinya ke arah kebajikan ? “ya”, jawaban yang diberikan oleh pendiri Agama ini; semua dapat dicapai melalui jasa, kesucian, disiplin dan kebijaksanaan. Sifat baik ini akan membawa ketenangan, kedamaian, kebahagiaan dan keselamatan hidup.

HUKUM KOSMIK

Hukum kosmik seperti telah diterangkan dalam agama ini memecahkan problem penderitaan, misteri takdir dan nasib dari beberapa agama dan diatas segalanya ketidaksamaan umat manusia. Pemahaman mengerti hukum ini memberikan hiburan, harapan, kepercayaan kepada diri sendiri, dan keberanian moral kepada mereka. Ini mengabsahkan usaha, kebajikan, kegairahan mereka selalu ramah, karena mereka mengerti bahwa tidak ada makhluk di dunia ini yang sama sekali baik ataupun jahat sepenuhnya.

AGAMA MODERN

Agama ini bukanlah suatu teori, melainkan cara hidup yang praktis. Agama ini merupakan salah satu agama tertua dalam sejarah, namun paling modern dalam setiap hal. Agama ini mengajarkan orang untuk tidak menjadi budak bagi dewa atau kekuatan luar, tetapi hendaknya mengusahakan kemampuan sendiri yang masih terpendam dengan menggunakan usaha dan kecerdasan sendiri untuk mengatasi kesulitan.

Agama ini mempunyai kualitas yang diminta dari suatu agama rasional yang cocok dengan dunia yang akan datang.

Seseorang akan merasa bangga menyebut dirinya sebagai seorang penganut agama ini dalam dunia modern. Agama ini sebenarnya lebih ilmiah daripada ilmu pengetahuan dan lebih sosialistis daripada sosialisme dan lebih progresif dari pada semua unsur progresif dalam bidang spiritual.

TANPA DISKRIMINASI

Agama inilah yang pertama kali dalam sejarah dunia menentang sistem kasta yang merendahkan derajat manusia; dan mengajarkan persamaan pada umat manusia dan memberi kesempatan yang sama kepada semua orang dalam setiap langkah kehidupan. Agama ini jugalah yang memberikan kebebasan kepada kaum wanita untuk mempelajari dan mempraktekkan ajaran suatu agama yang memberikan suatu persamaan-persamaan sosial untuk yang pertama kali dalam sejarah dunia.

Guru Agama ini menyatakan bahwa gerbang keberhasilan dan kemakmuran terbuka bagi semua orang dalam setiap kondisi hidup apakah mereka yang tingkat hidupnya tinggi ataupun rendah, suci ataupun jahat, yang mau, mencoba dan bercita-cita untuk mencapai kesempurnaan. Beliau tidak memaksa pengikutnya untuk menjadi budak bagi dirinya sendiri atau ajaran-Nya, tetapi beliau memberikan mereka kebebasan berpikir yang sempurna.

KETIDAKKEKALAN

Agama ini memastikan bahwa makhluk hidup terdiri atas batin dan rupa benda yang dinyatakan sebagai suatu kesatuan utuh, yang tidak selalu sama dalam dua saat yang berbeda. Seluruh proses gejala batin-jasmani terus menerus dalam perubahan. Karena itu tidak ada sesuatu yang kenal, baik di dunia ini maupun di dunia yang lain. Agama ini juga percaya bahwa ada makhluk hidup dalam sistem lain di seluruh alam semesta ini.

FIRMAN DAN SILA

Di dalam agama ini tidak ada firman yang harus dipatuhi; sebaiknya hanya ada sila-sila untuk diikuti secara sukarela. Dengan mengikuti sila seperti menjauhkan diri dari a) membunuh b) mencuri c) berzinah d) berbohong e) minum minuman yang memabukan, mereka dapat membersihkan diri dan dengan demikian orang mencapai kebahagiaan hidup.

TUJUAN KAMI

Tujuan artikel dalam penerbitan artikel ini adalah tidak untuk membawa orang lain untuk mengikuti keyakinan kami, tetapi untuk memberi penerangan kepada mereka untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan dan melaksanakan agama mereka sesuai dengan keyakinan mereka sendiri tanpa kepercayaan buta. Kami anjurkan setiap orang untuk mempraktekkan agama mereka masing-masing dengan tepat jika dia menemukan kebenaran, kedamaian, kebahagiaan, kebijaksanaan dan keselamatan dalam agama tersebut.

Bagaimanapun juga agama ini dapat menjawab beberapa problem spritual yang Anda hadapi atau agama ini dapat memberikan bimbingan yang segar kepada pemikiran Anda mengenai masalah-masalah agama dan filsafat. Agama ini dapat juga membantu Anda memahami cara hidup dan warisan budaya asia. Anda dapat menemukan petunjuk spiritual dalam agama ini yang dibutuhkan dunia modern.

Agama ini memberikan semangat, harapan, jalan baru, yang kebenaran dan kebutuhannya dilihat dan dirasakan pada saat sekarang ini seperti usia tua.

Apapun yang anda maksudkan, kami mempersilakan Anda untuk melihat lebih dekat agama ini dan cita-cita pendirinya. Kami siap membantu Anda. Organisasi kami akan membimbing Anda dan membantu Anda mendapatkan bahan-bahan bacaan yang dapat dipercaya.

Agama besar yang disebut dalam artikel ini adalah Agama Buddha dan pendiri agama ini tak lain dan tak bukan adalah BUDDHA GOTAMA.

-oOo-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar