Jumat, Agustus 16, 2019

Fanatisme Agama


FANATISME AGAMA
Tanhadi

Fanatisme merupakan keyakinan atau pandangan mengenai sesuatu yang tidak tidak disertai dengan teori atau pijakan kenyataan, namun tetap dipegang dengan mendalam sehingga akan susah untuk diubah atau diluruskan kembali. 

✔ Fanatisme, umumnya tidak rasional.

✔ Fanatisme yang berlebihan menyebabkan seseorang berperilaku agresif dan sekaligus akan mengalami kehilangan kesadaran akan dirinya sendiri (deindividuasi),  sehingga perilaku yang dilakukan semakin tidak terkontrol.

✔ Fanatisme sendiri dianggap sebagai penyebab dari perilaku kelompok yang sering menyebabkan agresi dan macam macam sifat manusia negatif lainnya. 

FANATISME BUTA TERHADAP AGAMA

Agama memiliki potensi untuk membuat orang berpikiran terlalu radikal dan fanatik yang bisa berujung pada perpecahan masyarakat hingga kekerasan antar golongan. 

Fanatisme buta terhadap agama atau aliran kepercayaan lain telah banyak membuat seseorang kehilangan nalar sehatnya. Dan demi keyakinan yang dia yakini secara mutlak, dia bisa membunuh, menjarah, bahkan juga memperkosa atas nama keyakinannya. 

PENYEBAB FANATISME BUTA

1. Kurang pergaulan.
2. Kurang wawasan
3. Kurang empati.

MENURUT PENELITIAN PARA AHLI 

Menurut para ahli, Fanatisme buta  terhadap agama disebabkan adanya   KERUSAKAN PADA OTAK yaitu pada  'Korteks prefrontal', lebih mungkin membuat seseorang bersikap ekstrem dalam pandangan religius mereka.

'Korteks prefrontal' adalah wilayah otak yang terkait dengan sejumlah fungsi yang tinggi, termasuk perencanaan dan persepsi. Korteks prefrontal juga terkait dengan pengalaman religius dan mistis yang dialami oleh seorang individu.

Kerusakan di daerah ini berarti orang kurang dapat mengevaluasi keyakinan agama mereka secara kritis terhadap orang lain.

Semoga kita semuanya bebas dari kefanatikan membuta terhadap agama - jika tidak ingin otak kita menjadi rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Semoga bermanfaat.

Salam sejahtera dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar