Rabu, Februari 17, 2010

PELEPASAN MAKHLUK HIDUP (Fang Shen)

oleh : Tanhadi

Pelepasan makhluk hidup(Fang Shen) adalah merupakan tindakan nyata yang tumbuh dari benih Cinta kasih kita kepada sesama makhluk hidup. Dengan menyelamatkan dan melepaskan makhluk tersebut ke alam bebas, yang didasari oleh pengharapan agar semua makhluk hidup berbahagia dan bebas dari penderitaan, sesungguhnya kita telah melakukan perbuatan yang sangat mulia dan sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Para Buddha sepanjang zaman.

Dalam Kitab Suci Tipitaka, Anguttara Nikaya III: 203, Sang Buddha mengajarkan lima aturan moral (sila) yang dikenal dengan Pancasila Buddhis. salah satu dari lima sila tersebut adalah bahwa seorang umat Buddha bertekad melatih diri menghindarkan diri dari “Pembunuhan makhluk hidup”.

Pembunuhan, apapun bentuk dan alasannya adalah merupakan perbuatan kejahatan, karena pembunuhan berarti mengakhiri kehidupan makhluk lain. Jika kita sebagai manusia memiliki keinginan untuk hidup, serta tidak ingin kehidupan kita dirampas dan dipenjara oleh makhluk lain, demikian juga yang dirasakan dan diinginkan oleh makhluk lain. Hal ini adalah hukum alam kehidupan yang tidak dapat dipungkiri, tapi mungkin kita berusaha mengingkarinya dengan lebih mengutamakan kepentingan diri kita sendiri dengan anggapan bahwa kepentingan kita jauh lebih diatas dan lebih berharga daripada kepentingan makhluk lain.

Ingatlah selalu Ajaran Sang Buddha yang terangkum dalam sebait syair indah yang berbunyi:

Sabba pappasa akaranam,
Kusala uppasampada,
Sacitta pariyodapanam,
Etam Buddhanam sasanam

Tidak melakukan segala bentuk kejahatan,
senantiasa mengembangkan kebajikan
dan membersihkan batin;
inilah Ajaran Para Buddha.


Semoga kita semua senantiasa berbahagia,
Semoga semua makhluk berbahagia.

4 komentar:

  1. tolong buatkan sebuah renungan tentang jasmani adalah kosong.....
    please

    BalasHapus
  2. wah...dapat tugas merenung nih....:), saya sarankan anda masuk ke www.Wihara.com atau www.tamandharma.com dulu deh...., selain nambah banyak teman, juga karena disana hal-hal yang berhubungan dengan Buddha Dhamma bisa dibahas dalam forum diskusi, sehingga kita mempunyai banyak bahan untuk perenungan......

    Btw, saya akan buatkan perenungan tentang jasmani adalah kosong tsb, tapi jangan buru-buru ya, karena perenungannya bisa nyasar kemana-mana malah jadi kacau semua..hehehehe...thx..:)

    BalasHapus