Minggu, Maret 31, 2019

Ajaran Sang Buddha

AJARAN SANG BUDDHA 
(BUDDHA DHAMMA)
Upa. Amaro Tanhadi


Adalah suatu kesalahan untuk menyebut ajaran Sang Buddha sebagai suatu usaha untuk menjelaskan dunia secara lengkap ataupun sistem metafisika yang dibangun di atas logika. Karena sejak dari awal, pertengahan , hingga pada akhirnya, Sang Buddha hanya mengajarkan "Tentang penderitaan dan lenyapnya penderitaan".

Seperti halnya seseorang yang tidak memahami tentang kebencian, asal mula timbulnya kebencian, padamnya kebencian dan bagaimana cara memadamkan kebencian; maka orang itu tidak memiliki kesempatan untuk membebaskan dirinya dari kebencian, ia tidak akan dapat mewujudkan akhir dari kebencian itu. Mereka hanya berputar-putar dalam lingkaran kebencian, kemarahan.dan kekecewaan yang berulang-ulang.

Demikian pula, Seseorang yang tidak memahami tentang penderitaan, asal mula penderitaan, berakhirnya penderitaan dan bagaimana caranya untuk  mengakhiri penderitaan; maka ia tidak memiliki kesempatan untuk  membebaskan dirinya dari penderitaan, ia tidak akan dapat mewujudkan akhir dari penderitaan itu. Mereka  hanya berputar-putar dalam lingkaran kelahiran, penuaan dan kematian yang berulang-ulang.

                            -oOo-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar