Sabtu, November 13, 2010

Ciri-Ciri Agama Buddha


CIRI-CIRI AGAMA BUDDHA

 Oleh : Tanhadi

1. Para umatnya Berlindung pada Tiga Permata (Tiratana): yaitu : Buddha, Dhamma dan Sangha .

2. Tidak mempercayai bahwa dunia ini diciptakan dan diatur oleh ‘sosok makhluk Adikuasa’ atas kehendaknya.

3. Agamanya mengajarkan tentang Empat Kebenaran Mulia yang diajarkan oleh Sang Buddha sendiri; dimana faktor pembebasan dan keselamatan dapat dicapai melalui Jalan Mulia Berunsur Delapan yang mendorong ke arah kesempurnaan akan kemoralan (sila), disiplin mental (samadhi), dan kebijaksanaan (panna).

4. Mengajarkan tentang hukum semesta sebab akibat yang terdapat dalam Paticcasamuppada (Sebab Musabab Yang Saling Bergantungan) .

5. Mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terkondisi (sankhara) adalah tidak kekal (anicca), tidak sempurna dan tidak memuaskan (dukkha), dan segala sesuatu yang terkondisi dan tidak terkondisi (dhamma) adalah bukan diri/ tanpa ‘Aku’ (anatta).

6. Mengajarkan tentang Tigapuluh Tujuh kualitas yang berguna bagi pencapaian Pencerahan (Bodhipakkhiya Dhamma) sebagai beragam aspek yang berbeda dari Jalan yang diajarkan oleh Sang Buddha yang mendorong ke arah Pencerahan.

7. Mengajarkan tentang Toleransi terhadap semua agama maupun kepercayaan serta praktik, upacara, ritual-ritual, seremonial, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat dan hukum negara yang bersifat umum.

oooOOooo


1 komentar: