Senin, Juli 11, 2011

Tiga jenis manusia ( tujuan praktik Dhamma )

TIGA JENIS MANUSIA
(Tujuan praktik Dhamma)


Jenis pertama adalah : Mereka yang tujuan hidupnya adalah memperoleh standar kehidupan yang lebih baik, lebih banyak kenyamanan dan kebahagiaan duniawi. Mereka disebut " orang-orang berkepribadian kecil ".

Mereka mengikuti pengertian berikut :
" Jika aku melakukan kebajikan, aku akan dapat imbalannya, oleh karena itu agar bisa mendapatkan hidup yang lebih baik dan nyaman, menjadi beruntung dan kaya bukan hanya dalam kehidupan sekarang tapi juga kehidupan - kehidupan selanjutnya aku harus selalu berusaha berperilaku baik dan mengakumulasi perbuatan - perbuatan baik "

Orang-orang ini melakukan hal- hal benar, tapi motivasi mereka terbatas pada ambisi duniawi.

Jenis kedua atau “manusia tingkat menengah mempunyai tujuan yang lebih tinggi” : Mereka mengetahui bahwa dimanapun mereka berada, apapun yang mereka lakukan, mereka masih dalam samsara  dan bahwa seberapapun baik dan nyamannya kondisi mereka saat ini, kondisi itu tidak akan pernah memberikan mereka kepuasan penuh.

Oleh karena itu mereka melangkah lebih jauh dan berusaha keluar dari samsara dan mencabut akar -akar ketidak bahagiaan tapi hanya demi diri sendiri.

Jenis ketiga adalah “ manusia jenis terbesar ” : Bukan hanya menginginkan keluar dari lingkaran samsara yang dipenuhi dengan masalah dan kebingungan, Tapi mereka juga ingin membantu semua mahluk lain terbebas juga.

Niat mereka, tujuan mereka, begitu besar dan tidak terbatas, oleh karenanya mereka disebut manusia agung.

Sumber :
Buku  Path to Buddhahood : Teachings on Gapompa's Jewel Ornament of Liberation ditulis oleh Ringu Tulku Rinpoche diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Jimmy Lominto.

]˜



Tidak ada komentar:

Posting Komentar