Minggu, Februari 05, 2012

Jenis-jenis Kamma


JENIS-JENIS KAMMA


64. Dua jenis Kamma berdasarkan sifatnya :

1). Kamma Buruk/Jahat atau disebut dengan Akusala kamma, yaitu:                     
Perbuatan Jahat/buruk yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh lobha (keserakahan), dosa (kebencian), dan moha (kebodohan batin).

-     Contoh : membunuh, mencuri, berbohong, mabuk-mabukan, dsb.

2). Kamma Baik atau disebut dengan Kusala kamma, yaitu;
Perbuatan Baik yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh adosa ketidakbencian), alobha (ketidakserakahan), dan amoha (ketidak bodohan batin).

-     Contoh : berdana, menolong makhluk yang kesukaran, berkata  jujur, bermeditasi, dan sebagainya.


I. EMPAT JENIS KAMMA BERDASARKAN JANGKA WAKTUNYA
(Pakakalacatukka)

1.  Ditthadhammavedaniya Kamma (Kamma langsung berbuah) yaitu : Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) dalam jangka waktu satu kehidupan.

Kamma ini terbagi 2 macam, yaitu :

a)   Kamma yang telah masak dan memberikan hasil dalam kehidupan sekarang ini, atau disebut dengan Paripakka Dittha dhammavedaniya Kamma.
Contoh 1. : Seorang miskin bernama Punna yang memberikan dana makanan kepada Y.A. Sariputta Maha Thera menjadi kaya-raya dalam waktu tujuh hari setelah berdana.

Contoh 2.  : Misalnya saja ketika kita mengambil helm milik orang lain, karena helm kita sendiri telah dicuri seseorang. Supaya tidak ketahuan, kita mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi walaupun lampu lalu lintas berwarna merah. Akhirnya kita ditangkap polisi. Terpaksa kita harus membayar tilang Rp 15.000,- (padahal harga sebuah helm hanya Rp 10.000,-). Ini adalah salah satu contoh sederhana kamma yang langsung berbuah.

b)   Kamma yang memberikan hasil setelah lewat tujuh hari (Aparipakka Ditthadhammavedaniya).
Contoh : Jika berbuat kebaikan atau kejahatan dalam usia muda, akan dipetik hasil dalam usia muda atau usia tua dalam kehidupan sekarang ini juga.

2.    Upapajjavedaniya Kamma yaitu: Kamma yang menghasilkan  akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya, yaitu satu kehidupan setelah kehidupan sekarang.

Misalnya orang yang melakukan meditasi hingga mencapai jhana tertentu, maka setelah meninggal ia akan langsung terlahir di Alam Brahma.

3.    Aparapariyavedaniya Kamma yaitu : Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya secara berturut-turut.

Salah satu contoh adalah orang yang sering mendengarkan Dhamma, besar kemungkinan ia akan terlahir kembali di alam sorga dalam kehidupan-kehidupan yang berikutnya. Mengapa demikian? Dengan mendengarkan Dhamma, orang tersebut telah melakukan kamma baik karena ia telah melatih berdana perhatian. Selama mendengarkan Dhamma, ia juga telah memusatkan pikiran, ucapan serta perbuatannya ke arah kebajikan, apalagi jika ia dapat mengerti serta melaksanakan Dhamma dalam kehidupan sehari-hari. Kebajikan ini tentunya sangat selaras dengan salah satu isi kotbah Sang Buddha yang menyatakan bahwa mendengarkan Dhamma pada saat yang sesuai adalah Berkah Utama.

4.    Ahosi Kamma yaitu Kamma yang tidak sempat berbuah karena telah kehabisan waktu atau kehilangan kesempatan untuk berbuah, karena:

a)   Jangka waktu untuk memberikan hasilnya telah habis, atau
b)   Kamma yang menghasilkan akibatnya telah habis, atau
c)   Kamma tersebut telah menghasilkan akibatnya secara penuh.

Ahosi Kamma terbentuk ketika kekuatan suatu perbuatan (kamma) terhalangi oleh kekuatan perbuatan (kamma) lain yang sangat besar. Selain itu Ahosi Kamma terbentuk jika tidak adanya kondisi-kondisi pendukung yang dibutuhkan untuk kamma itu berbuah, sehingga kamma tersebut tidak menghasilkan akibat (vipaka).

Contoh : YA. Angulimala Thera, dulunya sebelum menjadi anggota Sangha, pernah menjadi penjahat dan telah membunuh 999 orang. Setelah Beliau bertemu dengan Sang Buddha , Beliau bertobat dan kemudian ditahbiskan menjadi Bhikkhu. Beliau melatih diri dengan jalan melaksanakan Vipassana Bhavana secara tekun, dan akhirnya Beliau mencapai kesucian tingkat Arahat.

Jadi, kejahatan Beliau yang telah membunuh ratusan orang itu menjadi Ahosi Kamma, karena sewaktu Beliau mencapai kesucian tingkat pertama, yaitu Sotapatti-magga, maka dengan kekuatan magga pertama itu, Beliau telah membasmi Kilesa (kekotoran batin) yang berat sehingga pintu alam Apaya tertutup dengan rapat. Ini berarti pula perbuatan membunuh ratusan orang itu menjadi Ahosi Kamma, yaitu Kamma yang tidak menimbulkan akibat sama-sekali.

Sering orang mengatakan bahwa tercapainya Nibbana (Bhs. Pali) atau Nirvana (Bhs. Sanskerta) adalah ketika kamma baik dan kamma buruknya telah habis. Padahal kamma itu sangat sulit untuk dapat habis berbuah karena jumlahnya yang tidak terbatas. Namun, kamma dapat dipotong. Kita dapat merasakan buah kamma apabila kita masih mempunyai badan dan batin, artinya kita masih hidup setelah dilahirkan. Apabila kita tidak dilahirkan kembali, maka kesempatan untuk merasakan buah kamma baik maupun buruk sudah tidak ada lagi. Dengan demikian, ada berbagai kamma yang tidak sempat berbuah.


II. EMPAT JENIS KAMMA BERDASARKAN FUNGSINYA
    (Kiccacatukka)

1. Janaka Kamma (Fungsi kamma penghasil) yaitu Kamma yang menyebabkan timbulnya syarat untuk terlahirnya kembali suatu makhluk didalam 31 alam kehidupan (bhumi 31). Kamma ini menimbulkan Batin (Nama) dan Jasmani (Rupa).

Contoh : - Seseorang terlahir dilingkungan keluarga yang bahagia, serba berkecukupan dan memperoleh pendidikan yang baik, dan kebalikannya seseorang terlahir dilingkungan keluarga yang amburadul, serba kekurangan/miskin dan tidak pernah mengenyam pendidikan yang layak.

2. Upatthambhaka Kamma (Fungsi kamma pendukung) yaitu kekuatan yang mendorong terpeliharanya suatu akibat dari pada sebab (kamma) yang telah timbul. Kamma ini mendukung fungsi kamma yang melahirkan (Janaka Kamma), yaitu :

a) Membantu Janaka Kamma yang belum waktunya untuk menimbulkan hasil, memberikan waktu menimbulkan hasil /akibat.

b) Membantu Janaka Kamma yang sedang mempunyai waktu menimbulkan hasil memberikan kekuatan untuk menimbulkan hasil secara sempurna.

c) Membantu Nama-Rupa (Batin-jasmani) yang dilahirkan Janaka Kamma menjadi maju dan bertahan lama.

- Contoh 1. :- Selain ia terlahir di keluarga yang miskin, dia juga terlahir dalam keadaan cacat. Inilah salah satu contoh kamma yang mendukung.

- Contoh 2. : - Umur seseorang yang semestinya ditetapkan oleh Janaka Kamma hanya hidup selama 60 tahun dibumi ini, tetapi didalam kehidupannya sehari-hari ia banyak melakukan perbuatan baik, suka menolong makhluk lain, berdana, melaksanakan sila dan selalu waspada dalam semua tindakan pikiran, ucapan dan perbuatan jasmaninya sehingga umur yang ditetapkan oleh Janaka Kamma selama 60 tahun tersebut bertambah 20 tahun lagi.

3. Upapilaka Kamma (Fungsi kamma pelemah) yaitu Kamma yang menekan, mengolah, menyelaraskan satu akibat dari satu sebab. Fungsi kamma pelemah ini berhubungan dengan perbuatan baik maupun buruk yang dilakukan dalam kehidupan saat ini. Kamma ini adalah menekan Janaka Kamma, yaitu :

a) Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma supaya tidak ada waktu menimbulkan hasil.
b) Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma yang  mempunyai waktu menimbulkan hasil supaya mempunyai kekuatan menurun.

c) Upapilaka Kamma yang menekan Nama-Rupa (Batin-jasmani) yang dilahirkan Janaka Kamma.

- Contoh 1.: - Meskipun seseorang terlahir sebagai orang yang miskin serta cacat, orang tersebut mungkin saja mempunyai perilaku kemoralan yang baik.

- Contoh 2.: - Budi seorang narapidana yang divonis 10 tahun hukuman penjara, namun dalam kesehariannya, ia sering menunjukan tabiat yang baik, rajin bekerja, maka Budi mendapatkan keringanan hukuman menjadi 7 tahun saja.

4. Upaghataka Kamma (Fungsi kamma penghancur) yaitu fungsi kamma yang menghancurkan atau memotong kekuatan akibat dari satu sebab yang telah terjadi dan sebaliknya menyuburkan berkembangnya kamma baru.

Jadi upaghataka-kamma adalah kamma yang memotong kamma maupun hasil dari kamma lainnya secara menyeluruh.

Pemotongan dari upaghataka-kamma ada 2 macam:
a) Memotong janaka-kamma supaya tidak ada waktu untuk menimbulkan hasil/akibat untuk selamanya. (Kammantara-Upaghataka).

b) Memotong nama-rupa yang dilahirkan oleh janaka-kamma sampai rusak (Kammanibbata-khandha-santana-upaghataka).

- Contoh 1. : -Walaupun orang itu cacat tubuhnya, Karena perilaku kemoralannya baik, ucapannya serta tingkah lakunya juga baik, maka mungkin saja ada orang yang simpati kepadanya. Orang tersebut mungkin akan memberinya pekerjaan yang sesuai dengan keadaannya. Inilah salah satu contoh kamma yang memotong, artinya bertentangan atau memotong buah kamma yang sedang berlangsung atau buah kamma yang sedang dialaminya.

- Contoh 2. : - Misalnya: “A” adalah seorang pemain bulutangkis. Ia sering menjadi juara dalam beberapa pertandingan dan bulutangkis adalah karirnya. Suatu hari, saat “A” mengendarai mobil, tiba-tiba ia menabrak truk yang ada didepannya. Akibatnya, tangan kanannya patah dan cacat seumur hidup sehingga karirnya menjadi hancur.

Kamma sangat berhubungan dengan perbuatan seseorang saat ini. Segala sesuatu yang dilakukan pada saat ini akan menentukan buah kamma di masa depan. Dengan demikian, kamma bukanlah nasib yang tidak bisa diubah. Kamma masih dapat diperbaiki dan diubah dengan melakukan berbagai kamma atau perbuatan yang lain. Jadi, perbuatan saat inilah yang paling penting!


III. EMPAT JENIS KAMMA BERDASARKAN SIFAT HASILNYA
       (Pakadanapariyayacatukka).

1. Garuka Kamma yaitu Kamma Berat, yang memiliki kualitas kekuatan yang besar yang mampu menimbulkan hasil dalam waktu satu kehidupan atau kehidupan kedua, dan kekuatan kamma lain tidak mampu mencegahnya. Garuka Kamma terdiri dari 2 jenis yaitu:

a) Akusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Buruk/Jahat yang berat. Yang disebut Akusala Garuka Kamma (Perbuatan jahat yang berat) adalah Niyatamicchaditthi-Kamma (Perbuatan pandangan salah yang pasti) dan Pancanantariya-Kamma (Lima perbuatan durhaka, yaitu membunuh ibu, membunuh ayah, membunuh Arahat, melukai seorang Buddha dan memecah-belah Sangha). Apabila seseorang melakukan salah satu atau lebih dari kelima perbuatan buruk tersebut, maka setelah meninggal dunia, orang tersebut langsung terlahir di Alam Neraka Avici. (Alam yang menyedihkan, yaitu alam neraka, alam setan, alam binatang dan alam asura). Akusala Garuka Kamma juga disebut dengan Anantariya Kamma karena dampaknya masih dapat di rasakan dikehidupan selanjutnya. Hal ini dijelaskan oleh Guru Buddha dalam Parikuppa Sutta; Anguttara Nikaya 5.129.

- Contoh: Devadatta yang telah melukai kaki Guru Buddha dan memecah-belah Sangha, dilahirkan kembali di alam neraka avici. Dan Raja Ajatasattu yang telah membunuh ayahnya (Raja Bimbisara) tidak dapat meraih kesucian Sotapana (tingkat kesucian pertama) karena kekuatan besar dari Akusala Garuka Kamma.

b) Kusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Baik yang berat. Yang disebut Kusala Garuka Kamma adalah hasil dari melaksanakan Samatha-Bhavana (meditasi ketenangan batin) sehingga mencapai Rupa-Jhana 4 dan Arupa-Jhana 4 atau disebut Jhana 8, akibatnyapun lebih cepat daripada tingkatan batin yang lainnya. Akibat dari melakukan Kusala Garuka Kamma adalah tumimbal-lahir di alam Brahma.

Kamma jenis ini juga bisa terjadi untuk mereka yang telah melatih meditasi pengembangan kesadaran sehingga mencapai kebijaksanaan atau mencapai Nibbana. Dengan tercapainya Nibbana, maka ia sudah tidak akan terlahir kembali di alam manapun juga setelah ia meninggal di kehidupan ini.

Akusala Garuka Kamma, bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, tetapi mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma penunjang). Sebaliknya, Kusala Garuka Kamma , bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, akan menjadi Ahosi Kamma dan tidak mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma penunjang).

2. Asanna Kamma (Kamma yang berkesan yang muncul pada saat kematian) Pada saat seseorang akan meninggal dunia, maka pikirannya akan mengingat perbuatan kusala kamma (perbuatan baik) dan akusala kamma (perbuatan buruk/jahat) yang dilakukannya.

Apabila tidak ada perbuatan berat (kamma berat) yang pernah dilakukan selama hidupnya, maka pikirannya akan mengingat salah satu perbuatan yang paling berkesan dalam hidupnya.

Kamma inilah yang akan menentukan keadaan kelahiran seseorang yang akan datang jika tidak ada kekuatan kamma lain yang lebih besar lagi yang menentukan.

- Misalnya: - Ia teringat kesan baik ketika ia mendengarkan Dhamma atau sering bertemu dengan para bhikkhu. Apabila ia meninggal pada saat mengingat kesan baik tersebut, ia akan terlahir di alam bahagia. Sebaliknya kalau ia teringat kesan perbuatan yang tidak baik, maka ia dapat saja terlahir di alam menderita. 

- Contoh : - Seorang algojo pada saat menjelang ajalnya, ia mengingat pernah memberi sedekah kepada Y.A. Sariputta. Dengan mengingat hal ini ia terlahir di alam yang bahagia. Namun, meskipun terlahir di alam bahagia, ia tetap memperoleh dampak buruk dari apa perbuatan buruk yang pernah ia lakukan.

Ini pula sebabnya seseorang yang akan meninggal dunia dilakukan upacara pembacaan Paritta. Salah satu tujuan upacara ritual ini adalah untuk membantu orang yang akan meninggal tersebut mengingat berbagai kesan kebajikan yang telah dilakukannya selama hidup. Dengan demikian, ia akan mempunyai kondisi untuk terlahir di alam bahagia.

3. Acinna Kamma atau Bahula Kamma adalah merupakan kamma yang secara terus menerus dilakukan dan diingat seseorang serta padanya ia mempunyai kemelekatan yang kuat (Kamma Kebiasaan), yaitu perbuatan baik dan jahat yang merupakan kebiasaan bagi seseorang karena sering dilakukan. 

 Kalau di dalam proses kematian itu tidak ada perbuatan yang berkesan atau tidak sempat berpikir, misalnya karena ia meninggal dalam keadaan koma atau kecelakaan fatal, maka hal yang menentukan kelahiran kembalinya adalah perbuatan yang menjadi kebiasaan dalam hidupnya.

Misalnya, orang yang mempunyai kebiasaan bermain musik, apabila pada saat meninggal dunia ia teringat dengan kebiasaannya itu, maka ia dapat saja terlahir kembali sebagai orang yang memiliki bakat bermain musik sejak kecil.

- Contoh: - Cunda seorang penjagal babi, yang hidup disekitar vihara tempat Guru Buddha berdiam, ia meninggal dengan mendengking seperti babi karena kebiasaannya memotong babi.

4. Kattata Kamma adalah Kamma yang tidak terlalu berat dirasakan akibatnya. Kamma ini yang paling lemah di antara semua kamma. Kamma ini merupakan perbuatan baik (kusala kamma) dan perbuatan jahat (akusala kamma) yang pernah dibuat dalam kehidupan lampau dan kehidupan sekarang ini yang hampir tidak didorong oleh kehendak. Kamma ini berproses apabila ketiga kamma diatas tidak pernah dilakukan.

- Misalnya: - Pada satu saat, seseorang pernah melihat dan menyingkirkan paku agar tidak ada orang lain yang terluka karenanya, apabila kamma sederhana yang membahagiakan ini timbul di saat kematian, ia dapat pula terlahir di alam bahagia.


65. Dari keterangan di atas, dapatlah dimengerti bahwa kamma walaupun hanya Satu, namun dari berbagai sudut pandang, kamma dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu menurut waktu, fungsi dan sifatnya. Setiap kelompok terdiri dari empat bagian. Dengan demikian, secara keseluruhan, Satu kamma yang dimiliki oleh seseorang dapat dimengerti sebagai 12 jenis kamma yang saling berkaitan menjadi satu kesatuan.

Seorang umat Buddha yang yakin sepenuhnya pada hukum Kamma, tidak berdoa pada pihak lain untuk diselamatkan tetapi dengan yakin bergantung pada diri sendiri untuk kebebasannya. Daripada membuat berbagai penyerahan, atau menyetujui berbagai perantara istimewa, ia akan bergantung pada kekuatan kemauannya dan bekerja tiada hentinya demi kesejahteraan dan kebahagiaan semua.

 (Ven. Narada Mahathera)


2 komentar:

  1. selamat siang pak, pak saya tanya ya: apabila ada anak yg membunuh ayahnya tp anak itu tdk tahu bahwa orang yg dibunuh itu aadalah ayahnya.apakah perbuatan anak itu termasuk dalam akusala garuka kamma? kalo termasuk alasannya apa? dan kalo tdk termasuk alasannya apa juga.thx

    BalasHapus
  2. Namo Buddhaya,

    Sdr. Wei Xiao yang baik,

    Mungkin akan lebih mudah untuk dimengerti jika kita meneliti dan menganalisa kembali Sila Buddhis yang pertama yaitu : PANATIPATA VERAMANI ( Menghindari pembunuhan makhluk hidup).

    Adapun faktor-faktor terjadinya pembunuhan harus memenuhi a.l :

    Obyek :
    - Membunuh manusia dan binatang.
    - Menyiksa manusia dan binatang.
    - Menyakiti (jasmani) manusia dan binatang.

    Kehendak :
    - Direncanakan / disengaja/ dikehendaki.
    - Tidak di kehendaki / mempertahankan diri / kecelakaan.
    - Dorongan sesaat ( mendadak ).

    Syarat terjadinya pembunuhan :
    - Adanya makhluk hidup.
    - Tahu bahwa makhluk itu hidup.
    - Ada kehendak untuk membunuh.
    - Ada usaha untuk membunuh.
    - Makhluk itu mati sebagai hasil pembunuhan.

    Dalam kasus tsb.si anak tidak mengetahui, artinya ia berbuat tanpa disengaja atau tidak ada Niat (cetana) untuk membunuh ayahnya sendiri, maka dapat kita tarik suatu kesimpulan bahwa anak tsb. tidak melakukan perbuatan Akusala Garuka Kamma, tapi ia tetap akan menerima karma buruk atas perbuatan membunuhnya.

    Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat mewakili jawaban atas pertanyaan Anda.

    Salam Metta,

    Tanhadi

    BalasHapus