Kamis, Desember 18, 2014

Kemelekatan

KEMELEKATAN

Sehubungan dengan Ajaran Buddha tentang "Ketidak-melekatan", ternyata masih ada dikalangan umat Buddhis sendiri yang menyatakan bahwa kita seharusnya tidak melekat pada APAPUN juga!

Ada juga umat Buddha KTP yang berpandangan salah mengatakan bahwa mereka yang menjalankan kehidupan bermoral- sebagai 'kemelekatan' terhadap Sila-sila.

Di kalangan Buddhis tradisional malah menciptakan ketakutan terhadap meditasi mendalam, dengan menyatakan bahwa Anda hanya akan 'melekat' terhadap Jhana.

Tentu saja hal-hal itu sudah terlalu jauh menyimpang dan berpandangan salah terhadap Ajaran Buddha.

Memang ada banyak hal yang membuat kita 'melekati atau menggenggam sesuatu sehubungan dengan adanya nafsu keinginan yang ada pada diri kita. Namun Sang Buddha hanya memerincikan 'Empat kelompok Kemelekatan' yang harus kita hindari, karena empat kelompok kemelekatan inilah yang menyebabkan Kelahiran kembali., yaitu : 'Kemelekatan' pada :

1). Panca indra.
2). Pandangan salah,
3). Gagasan bahwa Pembebasan dapat dicapai hanya melalui ritual dan inisiasi.
4). Pandangan mengenai adanya 'diri'.

Keempat kelompok itulah yang menjadi 'Bahan bakar' bagi keberadaan kita dikehidupan mendatang serta penderitaan lebih lanjut.

Oleh karena itu, melatih belas kasih, mengambil latihan lima sila ataupun sila kebhikkhuan yang lebih banyak, dan melatih praktik meditasi bukanlah hal-hal diluar ajaran Buddha, dan adalah suatu tindakan yang salah bila menghentikan praktik-praktik tersebut dengan menyebutnya sebagai 'Kemelekatan'. (Th)

Selamat beraktifitas,
Semoga bermanfaat.

Waru, 18 Desember 2014

Mettacittena,
Tanhadi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar