Kamis, Mei 27, 2010

JANGAN PERCAYA BEGITU SAJA .......

Disusun oleh : Tanhadi

Ada sebuah cerita dimana Seorang Guru membabarkan ajarannya namun ajarannya tersebut tidak terdapat dalam kitab suci manapun...,  Murid Senior terdekatnya merasa heran dan iapun bertanya kepada Sang Guru...

Murid : “ Guru, semua Ajaran yang telah Guru sampaikan tadi sungguh sangat masuk akal , sehingga tidak ada satupun diantara para umat yang bisa membantahnya...., akan tetapi Guru, semua yang Guru babarkan tadi, tidak ada satupun yang terdapat dalam kitab suci..!

Guru : Hmmm....Kalau begitu,  tambahkan saja ajaran yang telah aku babarkan didalam kitab suci itu.

Murid : Tapi, ...ada banyak hal dari ajaran guru yang bertentangan dengan yang tertulis didalam kitab suci .....

Guru : Oh....Kalau begitu,.... rubah saja kitab itu !

Murid :..?!#@?&%**;!!???

Ilustrasi ini mengingatkan kita pada salah satu pesan dari Sang Buddha agar  tidak mempercayai begitu saja apapun yang berdasarkan pada otoritas teks-teks keagamaan ataupun kitab-kitab suci. Beberapa orang selalu mengatakan bahwa semua pesan-pesan yang terdapat dalam kitab-kitab suci mereka disampaikan secara langsung oleh tuhan mereka. Sekarang ini, mereka mencoba untuk memperkenalkan buku-buku tersebut sebagai pesan dari surga. Hal ini sukar untuk dipercaya bahwa mereka menerima pesan ini dari surga dan mencatatnya dalam kitab suci mereka hanya pada beberapa ribu tahun yang lampau.

Mengapa wahyu ini tidak diberikan lebih awal? (Menimbang bawa planet bumi ini berusia empat setengah miliar tahun).

Mengapa wahyu tersebut dibuat hanya untuk menyenangkan beberapa orang tertentu saja? Tentunya akan jauh lebih efektif jika mengumpulkan semua orang dalam suatu tempat dan menyatakan kebenaran kepada banyak orang daripada bergantung pada satu orang untuk melakukan pekerjaan itu.

Bukankah tetap lebih baik jika tuhan-tuhan mereka menampakkan diri pada hari-hari penting tertentu dalam setahun untuk membuktikan keberadaan dirinya secara berkala? Dengan cara demikian tentunya mereka tidak akan memiliki kesulitan sama sekali untuk mengubah seluruh dunia!


Umat Buddha tidak berusaha untuk memperkenalkan ajaran Sang Buddha sebagai pesan surgawi, dan mereka mengajarkan tanpa menggunakan kekuatan mistik apapun. Menurut Sang Buddha, kita tidak seharusnya menerima ajaranNya seperti yang tercatat dalam kitab suci Buddhis secara membuta dan tanpa pemahaman yang benar. Ini merupakan kebebasan yang luar biasa yang Sang Buddha berikan kepada kita. Meskipun Beliau tidak pernah mengklaim bahwa umat Buddha adalah orang-orang pilihan tuhan, Beliau memberikan penghargaan jauh lebih besar kepada kecerdasan manusia dibanding dengan yang pernah dilakukan oleh agama manapun.

Cara yang terbaik bagi seseorang yang berasional untuk mengikuti adalah mempertimbangkan secara hati-hati sebelum ia menerima atau menolak segala sesuatu. Mempelajari, berpikir, menyelidiki sampai Anda menyadari apa yang ada sebenarnya. Jika Anda menerimanya hanya berdasarkan pada perintah atau kitab-kitab suci, Anda tidak akan menyadari kebenaran bagi diri Anda sendiri. 


Sumber Utama :
- Kalama Sutta
- Berbagai sumber bacaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar