Senin, Juni 13, 2011

Atthangasila


ATTHANGASILA



1.  Panatipata veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup.

2.  Adinnadana veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan .

3.  Abrahmacariya veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari perbuatan tidak suci .

4.  Musavada veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari ucapan bohong.

5.  Sura-meraya-majja-pamadatthana veramani sikkhapaadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari minuman memabukkan hasil penyulingan atau peragian yang menyebabkan lemahnya kesadaran .

6. Vikala-bhojana veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari makan makanan setelah tengah hari.

7. Naccagita-vadita-visukadassana malagandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanatthana veramani sikkhapadam samadiyami .
Aku bertekad melatih diri menghindari menari, menyanyi, bermain musik, dan pergi melihat pertunjukan; memakai, berhias dengan bebungaan, wewangian, dan barang olesan (kosmetik) dengan tujuan untuk mempercantik tubuh

8. Uccasayana-mahasayana veramani sikkhapadam samadiyami.
Aku bertekad melatih diri menghindari penggunaan tempat tidur dan tempat duduk yang tinggi dan besar (mewah).




Salam Metta,

Sabbe satta bhavantu sukhitatta
Semoga semua makhluk berbahagia

]˜


Tidak ada komentar:

Posting Komentar