Jumat, September 20, 2013

Bagaimana Cara Melakukan Pertobatan ?

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PERTOBATAN ?
Oleh : Upa. Amaro Tanhadi

Bila kita pernah menganiaya atau membunuh binatang, maka :

1. Mulai saat ini hentikan perbuatan menganiaya dan melakukan pembunuhan berikutnya.

2. Lakukan banyak kebajikan dengan cara melepaskan (Fangshen) atau menolong binatang yang membutuhkan pertolongan, memberikan pengobatan, memberi makan dsb.

3. Pada saat melakukan Fangshen atau menolong binatang tsb. ucapkan dalam hati atau dengan suara : “ Semoga dengan kekuatan keyakinan dan kebajikan yang kulakukan ini dapat membuahkan kebahagiaan bagi diri kalian dan semua makhluk yang berhubungan karma denganku.”

Manusia dan binatang adalah makhluk yang sama-sama menginginkan kebahagiaan dan hidup tanpa ketakutan. Sudah selayaknya kita sebagai manusia yang berakal-budi tidak menganiaya dan mengancam kehidupan para binatang yang lemah dan bisu.

Mereka memiliki kehidupan sendiri dan memiliki perasaan yang sama dengan kita dan mereka pun takut untuk mati, maka janganlah bertindak sewenang-wenang kepada mereka kaum binatang yang lemah dan bisu, hanya semata-mata kita merasa lebih berhak untuk hidup dan lebih berkuasa daripada mereka.

Kepada teman-teman yang suka berburu, hentikanlah kesenangan (hobby) yang hanya untuk memuaskan nafsu membunuh demi kesenangan dan kebanggaan belaka.

Sadarilah bahwa para binatang itu adalah bentukan dari tumimbal lahir para makhluk yang kurang beruntung yang merupakan hasil daripada perbuatan buruknya di kehidupan lampau. Bisa saja diantara mereka itu dahulunya adalah saudara kita, Ibu kita, ayah kita, istri kita, sahabat kita dan anak-anak kita.

Maka hentikanlah untuk melakukan perburuan, penganiayaan dan membunuh makhluk hidup, gantungkan saja senjata Anda, biarkanlah mereka hidup bebas dan menikmati kebahagiaan dengan caranya sendiri !

Mettacittena,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar