Selasa, September 08, 2009

Pancasila Buddhis




PANCASILA BUDDHIS

1. Panatipata veramani 
sikkhapadam samadiyami 

1. Aku bertekad melatih diri
untuk tidak melakukan pembunuhan makhluk hidup.

2. Adinnadana veramani 
sikkhapadam samadiyami

2. Aku bertekad melatih diri
untuk tidak mengambil barang yang tidak diberikan.

3. Kamesu micchacara veramani 
sikkhapadam samadiyami

3. Aku bertekad akan melatih diri
untuk tidak melakukan perbuatan seksualitas yang tidak dibenarkan.

4. Musavada veramani 
sikkhapadam samadiyami

4. Aku bertekad melatih diri
untuk tidak mengucapkan ucapan yang tidak benar.

5. Surameraya majjapamadatthana veramani sikkhapadam samadiyami

5. Aku bertekad melatih diri
untuk tidak minum segala minuman keras
 yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran (ketagihan).







1 komentar: