Rabu, April 13, 2011

Kisah Para Sesepuh Chan 1 (Bodhidharma)


KISAH PARA SESEPUH CHAN
(Zen Buddhisme China)
1. BODHIDHARMA

(Sesepuh Chan ke-1)

Pada tanggal 21 September tahun 527 M selama pemerintahan Dinasti Liang, Bodhidharma (dikenal sebagai sesepuh Zen silsilah India ke-28) tiba di Cina. Kaisar pada saat itu, Kaisar Liang Wu Ti sangat menyukai Buddhisme dan beliau sering memakai pakaian Buddhis, vegetarian dan melantunkan lagu buddhis. Pada tanggal 1 Oktober atas undangan kaisar Liang, Bodhidharma pergi ke ibukota Nanjing dan menemui Kaisar.

Kaisar : Sejak aku naik tahta, aku telah membangun banyak kuil, menyalin banyak naskah dan menyokong kehidupan banyak biksu dan biksuni. Apa kebajikan dari semua ini ?

Bodhidharma : Tidak ada kebajikannya. Apa yang kamu lakukan hanyalah kegiatan duniawi dan tidak bisa dianggal sebagai pahala sejati. Kebajikan sejati terdiri dari kesadaran murni, indah dan sempurna. Intinya adalah kekosongan. Seseorang tidak bisa mendapatkannya dengan cara-cara duniawi.

Pada tanggal 17 Oktober, Bodhidharma, setelah menyadari bahwa Kaisar Liang tidak dapat memahami maksudnya menyeberang sungai Yangtze dan pergi ke utara.

Penasehat keagamaan kerajaan : Di mana biksu bijak India itu sekarang ?

Kaisar : Ia telah menyeberang sungai dan pergi ke utara. Siapakah orang ini ?

Penasehat : Ia adalah bodhisatva yang menyebarkan esensi buddhisme. Yang Mulia, Anda bertemu orang ini tapi sepertinya Anda tidak melihatnya. Anda berkenalan dengannya tapi Anda tidak mengenalnya.

Kaisar : Kirim seseorang ke seberang sungai dan kejar bodhidharma.

Penasehat : Tidak ada gunanya. Meskipun anda mengirim seluruh rakyatmu, ia tidak akan kembali.

oooOOooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar