Rabu, April 13, 2011

Kisah Para Sesepuh Chan 3 (Seng Can)

KISAH PARA SESEPUH CHAN
(Zen Buddhisme China)
3. SENG CAN

(Sesepuh Chan ke-3)

Pada tahun 559, seorang umat mengunjungi Hui Ke.

Umat : Aku mungkin telah melakukan hal buruk pada kehidupan lampauku, dan itulah sebabnya sekarang aku kena kusta. Kumohon guru, bisa menghapuskan dosaku.

Hui Ke : Bawalah dosamu padaku dan akan kuhapuskan untukmu.

Umat : Aku telah mencari dosaku tapi aku tidak menemukannya.

Hui Ke : Kalau begitu, aku telah menghapus dosamu. Kamu harus hidup sesuai dengan Buddha, Dharma dan Sangha.

Umat : Setelah bertemu Anda hari ini, aku menyadari sesuatu. Tolong katakan apakah Buddha dan apakah Dharma itu ?

Hui Ke : Pikiran adalah buddha dan juga dharma. Tidak ada bedanya antara Buddha dan Dharma.

Umat : Sekarang aku mengerti. Dosa bukan sesuatu yang di dalam, di luar atau diantaranya.

Hui Ke : Aku menerimamu sebagai muridku dan menyampaikan dharm padamu. Kamu akan dikenal sebagai Seng Can sejak saat ini.

 Seng Can akhirnya menggantikan Hui Ke dan menjadi pemimpin Zen ketiga.


oooOOooo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar