Minggu, Juli 07, 2013

Latar Belakang, Visi dan Misi Blog Pustaka Dhamma

LATAR BELAKANG,
VISI DAN MISI BLOG PUSTAKA DHAMMA


Latar belakang berdirinya Blog Pustaka Dhamma

a.  Didasari oleh keprihatinan saya yang melihat kenyataan bahwa masih banyak umat beragama Buddha khususnya di lingkungan kehidupan saya sendiri yang kurang memahami Ajaran Buddha yang dipeluknya ini mengajarkan tentang apa , bagaimana dan apakah tujuannya ?  sehingga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-harinya mereka hanya berkegiatan pada praktik ritual-ritualnya saja.

b.   Masih banyak pula umat Buddha berpandangan keliru terhadap Hakekat Ajaran Buddha ini, sehingga pemahaman terhadap Ajaran Buddha sering tercampur-baur dengan kepercayaan-kepercayaan lainnya, dan lebih mirip sebagai “ Agama Gado-gado”.

c.   Dengan pengetahuan saya yang hanya sejengkal ini, saya bertekad untuk lebih banyak lagi mempelajari Ajaran Buddha dan sekaligus berbagi pengetahuan Ajaran Buddha kepada sesama umat Buddha.


VISI :

Terwujudnya Blog Pustaka Dhamma sebagai Perpustakaan Umum Agama Buddha yang terpercaya, tumbuh, dan berkembang melalui Pemanfaatan Informatika Tekhnologi , sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembelajaran dan pengembangan agama Buddha di Indonesia yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Buddha Dhamma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


MISI :

1).  Menjaring dan mempererat tali persaudaraan seluruh umat se-Dhamma di Indonesia yang bermazhabkan Buddhis Tradisi Theravada dan Mahayana.

2). Menjadikan Pustaka Dhamma sebagai Perpustakaan Umum Agama Buddha sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar, berbagi dan berlatih menerapkan Ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat di lingkungannya masing-masing.

3). Membina umat Buddha menjadi manusia yang berkesadaran tinggi, menyadari saling keterkaitan, mengutamakan keharmonisan dan saling Isi, Asah, Asih dan Asuh dalam rangka pembelajaran Buddha Dhamma.

4). Mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam pendalaman agama, berahlak mulia, memiliki kecerdasan dan keterampilan sehingga mampu menyampaikan Ajaran Buddha dengan benar serta dapat melayani umat dengan hati terbuka dan semangat cinta kasih bagi semua.

5). Memberikan keleluasaan bagi umat Buddhis untuk berpikir dan berpendapat serta  menyatukan pandangan-pandangan sesuai dengan pemahamannya masing-masing demi menunjang perkembangan agama Buddha di Nusantara ini. 


Semoga Blog Agama Buddha ‘Pustaka Dhamma’ ini dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang berniat baik serta bersungguh-sungguh untuk mempelajari Ajaran Buddha.

September 2009
Mettacittena,

Tanhadi



-oOo-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar