Minggu, Januari 02, 2011

MUMPUNG BELUM TERLAMBAT

MUMPUNG BELUM TERLAMBAT…..
Oleh : Tanhadi

Pernahkah teman-teman se-Dhamma disini merenungkan dan meng-evaluasi diri sendiri, “DI ALAM MANAKAH AKU AKAN TERLAHIR KEMBALI SETELAH KEHIDUPAN INI BERAKHIR?”

MINIMAL bahan pertimbangan kita adalah bertanya kepada diri sendiri “ sejauh manakah Saya telah melaksanakan PANCASILA BUDDHIS selama ini ?, yaitu :

1. Aku bertekad melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup
* Sudah berapa banyakkah aku dengan “Sadar” telah melakukan “pembunuhan” makhluk hidup selama ini?
* Sudah berapa banyakkah aku dengan “Sadar” telah “Menyelamatkan” makhluk hidup selama ini?

2. Aku bertekad melatih diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan.
* Sudah berapa banyakkah aku telah “mencuri”, “ menipu” benda-benda milik orang lain yang bukan menjadi hakku?
* Sudah berapa banyakkah selama ini aku telah dengan “Niat baik” melakukan pemberian secara tulus (berdana) kepada orang lain yang membutuhkannya.?

3. Aku bertekad melatih diri menghindari perbuatan asusila, tindakan sexual yang tidak benar .
* Benarkah aku adalah orang yang benar-benar telah bebas dari perbuatan ini?

4. Aku bertekad melatih diri menghindari ucapan tidak-benar / dusta .
* Sejauh manakah aku yakin bahwa ucapan-ucapanku selama ini adalah Dominan ‘benarnya’ daripada ‘bohongnya?’

5.Aku bertekad melatih diri menghindari meminum minuman keras, mengkonsumsi barang madat hasil peragian yang menyebabkan lemahnya kewaspadaan .
* Apakah aku adalah seseorang yang termasuk dalam kelompok ini?

Nah…jika prosentase “negatifnya” (banyak melanggar), maka jangan anda tunda lagi untuk “mengimbanginya” dengan banyak berbuat kebajikan serta tidak melakukannya lagi saat ini juga …dan sampai kelak kematian datang menjemput.!

Sebab…jika tidak demikian…dapat kita perkirakan sendiri, alam manakah yang paling cocok dengan banyaknya perbuatan-perbuatan yang tidak bajik itu?

“ingin mencoba” terlahir sebagai makhluk Peta? atau Hewan?....,gampang koq….perbanyaklah perbuatan-perbuatan yang prosentase buruknya lebih banyak daripada baiknya.., pasti keinginan kita itu akan tercapai dengan sukses…!!!

“ingin” terlahir kembali sebagai manusia?
Perbanyaklah perbuatan-perbuatan yang prosentase kebajikannya lebih banyak daripada buruknya….

Nah…silahkan meng-evaluasi dan berhitung sendiri ya…., karena “Pilihan” itu kembali kepada diri masing-masing….

Salam Metta,

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar