Senin, Mei 23, 2011

Koan Zen : 25. Pencerahan ombak

KOAN ZEN : 25 . PENCERAHAN OMBAK


Saya stress lho, Gelombang lain begitu gagah sedangkan saya begitu kecil. Yang lain begitu kuat sedangkan saya begitu tak berdaya...

Kamu merana karena belum melihat hakikat dirimu yang sejati

Lalu, saya ini apa kalau bukan gelombang?

Gelombang lain hanyalah bentuk sementara dari hakikat dirimu. Sesungguhnya engkau adalah air.

Air?

Saat engkau sadar bahwa sesungguhnya engkau adalah air, engkau tak akan lagi tertipu oleh bentuk-bentuk gelombang. Dengan sendirinya engkau tak akan merana lagi.

Saya ngerti sekarang. Saya adadlah kamu, kamu adalah saya. Kita ini satu..


Penjelasan :
Manusia itu egois, yang satu berpikir bahwa 'diri' itu adalah 'saya', sehingga lalu membeda- bedakan dirinya dari orang lain, lalu sengsara. Sesungguhnya manusia adalah melainkan satu dari unsur-unsur keagungan alam. Renungkan itu....


]˜


Tidak ada komentar:

Posting Komentar