Selasa, September 04, 2012

Sikap Positif


SIKAP POSITIF


Dalam kehidupan ini, kita seringkali akan terluka oleh orang lain, kadang-kadang sengaja bisa juga tidak sengaja.

Bagaimana kita mengatasi rasa sakit hati, akan menentukan kebahagiaan dalam hidup kita sendiri.

Bila kita memendam rasa sakit hati dalam hidup kita dan terus menyimpannya, ini disebut dendam dan kebencian.

Jika seseorang menyakiti kita di tahun-tahun yang lalu dan kita masih menyimpan dendam, itu akan meracuni pikiran dan mempengaruhi perjalanan hidup kita sendiri.

Untuk kesehatan dan kebahagiaan kita sendiri, kita harus belajar untuk memaafkan dan melepaskan 'rasa' sakit dan dendam itu.

Jika seseorang sedang marah, panik, cemas, takut, merasa tertekan, maka otaknya mengeluarkan NOR-Adrenalin, hormon yang sangat beracun.

Di antara racun alami, hormon ini menempati urutan kedua setelah bisa ular.  Racun ini membuat fisik kita sakit-sakitan, cepat tua dan cepat meninggal.

Jika seseorang mampu mengendalikan pikiran dan perasaannya sehingga menghadapi segala sesuatu secara positif, maka otak akan mengeluarkan hormon BETA-endorfin.

Hormon kebahagiaan ini berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas, meningkatkan semangat, daya tahan tubuh dan kreativitas.

Karena itu bersikaplah positif jika ingin hidup bahagia, sehat dan berumur panjang. Sikap positif akan terpancar dari senyum kita yang penuh keikhlasan.

Maafkanlah dengan tulus ikhlas, ucapan dan prilaku orang yang menyakiti hati kita karena itu hanyalah masalah 'rasa', yang seharusnya mampu kita kendalikan.
----------------
Dikutip dari :
The miracle of Endorphin - Dr Shigeo Haruyama


Apapun bentuk kesalahan yang dilakukan orang lain terhadap diri kita,
dan betapa pun sakitnya perasaan yang pernah diakibatkannya,
Ingatlah satu hal:
”Maafkanlah !”
Dengan memaafkannya,
berarti kita telah melepaskan segala bentuk penderitaan yang selama ini menjadi beban pikiran dan perasaan kita sendiri maupun bagi dirinya.
(Tanhadi)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar