Sabtu, September 17, 2011

Biarkanlah pohon itu tumbuh


BIARKANLAH POHON ITU TUMBUH
Oleh : Venerable Ajahn Chah


Sang Buddha menjelaskan bahwa segala sesuatu secara alamiah, sekali anda telah melaksanakan tugas anda, serahkanlah hasilnya pada alam, pada kekuatan akumulasi karmamu. Akan tetapi pengerahan usahamu harus tidak berkurang.

Apakah buah kebijaksanaan itu datangnya cepat atau lambat anda tidak dapat memaksanya, seperti halnya anda tidak dapat memaksa tumbuhnya sebuah pohon yang anda tanam. Pohon itu punya masanya sendiri. Tugasmu hanyalah menggali lubang, mengairi dan memupuknya, serta menjaganya dari hama. Tapi cara pohon itu bertumbuh adalah terserah kepada pohon itu sendiri. Jika anda berlatih seperti ini, yakinlah anda bahwa semuanya akan beres, dan tanaman anda akan tumbuh.

Karena itu, anda harus mengerti perbedaan antara kerja anda dengan kerja pohon itu, Serahkanlah urusan pohon itu kepada pohon itu, dan bertanggung jawablah kepada urusan anda sendiri. Jika batin tidak tahu apa yang perlu ia lakukan, ia akan memaksa tanaman itu untuk tumbuh, berbunga dan berbuah pada hari yang sama. Ini adalah pandangan yang salah, penyebab besar dari penderitaan.

Berlatih sajalah pada arah yang benar dan serahkan hasilnya pada karmamu. Kemudian, apakah akan membutuhkan waktu satu atau ribuan kali kehidupan, latihan anda akan berada dalam kedamaian.


Salam Metta,

Sabbe satta bhavantu sukhitatta
Semoga semua makhluk berbahagia

]˜


Tidak ada komentar:

Posting Komentar