Minggu, September 18, 2011

Apakah anda pikir Tuhan adalah Santa Klaus?


APAKAH ANDA PIKIR TUHAN ADALAH SANTA KLAUS ?
Oleh : Venerable Ajahn Chah

Ajahn Chah bertanya kepada seorang bhikkhu yang akan pergi, apakah ia berencana untuk mengajar sekembalinya ia ke Barat. Tidak, ia tidak punya rencana khusus untuk mengajar, jawabnya, meskipun —seandainya— diminta, ia akan mencoba menjelaskan sebaik-baiknya bagaimana berlatih.

“Bagus sekali”, kata Ajahn Chah, “akan bermanfaat berbicara tentang Dhamma kepada mereka yang mencarinya. Dan ketika Anda membicarakannya”, lanjutnya, “mengapa Anda tidak menyebutnya sebagai agama Kristen saja. Mereka di Barat tidak akan mengerti jika Anda menyebut-nyebut tentang Buddha”.

“Saya sendiri berbicara tentang Tuhan kepada orang-orang Kristen, meskipun saya belum pernah membaca kitab-kitab mereka. Saya menemukan Tuhan di dalam hati. Apakah Anda pikir Tuhan adalah Santa Klaus yang datang setahun sekali dan membawakan hadiah untuk anak-anak? Tuhan adalah Dhamma, Kebenaran; seseorang yang melihat ini akan melihat semuanya. Tetapi Tuhan bukanlah sesuatu yang khusus —hanya ini.

“Apa yang benar-benar kita ajarkan hanyalah bagaimana supaya bebas dari penderitaan, bagaimana mengasihi dan bijaksana dan penuh dengan rasa belas-kasihan. Ajaran inilah Dhamma, dimanapun, dalam bahasa apapun. Jadi sebutlah itu agama Kristen. Dengan begitu akan lebih mudah bagi banyak orang untuk mengerti”.


Sumber Buku : "Telaga Hutan Yang Hening"
.


Salam Metta,

Sabbe satta bhavantu sukhitatta
Semoga semua makhluk berbahagia

]˜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar