Kamis, Mei 10, 2012

Bendungan Air (Dam)


BENDUNGAN AIR (DAM)
Ajahn Chah

Latihan konsentrasi adalah latihan untuk membuat pikiran kokoh dan stabil. Ini akan membawa kedamaian dalam bathin. Biasanya pikiran kita akan bergerak tanpa berhenti, susah dikendalikan. Pikiran mengikuti pengalihan indra secara liar, seperti air mengalir. Manusia, karena mengetahui cara mengendalikan air, memberikan banyak manfaat bagi umat manusia. Manusia itu pintar. Mereka tahu bagaimana membendung air, membuat penampungan besar dan saluran-salurannya -- semua ini untuk mengalirkan air dan membuatnya lebih bermanfaat, jadi air tidak mengalir sembarangan dan mengalir ke tempat tidak penting sehingga manfaatnya sia-sia.

Demikian juga, pikiran yang dibedung dan dikendalikan, dilatih rutin, akan memberikan manfaat tidak terukur. Buddha sendiri mengatakan, "Pikiran yang telah dikendalikan akan memberikan kebahagiaan yang sebenarnya, jadi latihlah pikiranmu dengan baik demi kebaikanmu." Sama juga halnya dengan binatang di sekitar kita -- gajah, kuda, kerbau, dll -- harus dilatih dulu sebelum mereka dapat dipakai bekerja. Hanya ketika mereka telah terlatih, kekuatan mereka bermanfaat untuk kita.

Dengan cara yang sama, pikiran yang terlatih akan memberikan berkah berkali-kali lipat dibanding pikiran yang tak terlatih. Buddha dan para murid Ariya, semua mulai dengan posisi sama seperti kita -- dengan pikiran yang tak terlatih. Tetapi, setelah itu, lihatlah mereka menjadi subjek penghormatan kita. Dan lihatlah bagaimana manfaat yang kita dapat dari ajaran mereka. Lihatlah apa manfaat yang telah diberikan pada seluruh dunia oleh orang-orang yang telah pergi ini dengan melatih pikiran mereka untuk mencapai pembebasan. Pikiran yang terkendali dan terlatih akan lebih baik ada pada kita untuk membantu kita dalam setiap profesi dalam segala situasi. Pikiran yang disiplin akan menjaga hidup kita seimbang, membuat pekerjaan lebih mudah, dan mengembangkan dan membimbing setiap perbuatan kita. Pada akhirnya, kebahagiaan kita akan bertambah seiring dengan kita melatih pikiran dengan tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar