Minggu, Januari 27, 2013

Pergerakan Pikiran


PERGERAKAN PIKIRAN
Oleh : Tanhadi

Tujuan kita belajar Dhamma adalah untuk menemukan suatu jalan keluar dari ketidak-puasan kehidupan kita dan untuk mencapai kebahagiaan serta kedamaian bagi diri kita sendiri dan semua makhluk.

Ketidakpuasan itulah penderitaan, dan setiap penderitaan pasti mempunyai sebab untuk muncul dan berlanjut.

Ketidak-tenangan dan nafsu keinginan timbul dikarenakan pikiran ini selalu bergerak kemanapun dia suka. Apabila pikiran bergerak, bentuk-bentuk pikiran pun akan muncul. Kebahagiaan dan kesedihan merupakan bagian dari pergerakan sang pikiran yaitu bentuk-bentuk pikiran yang tercipta. Jika kita tidak mengerti pergerakan tersebut, kita akan terperangkap di dalam bentuk-bentuk pikiran dan berada di dalam kekuasaannya.

Oleh karena itu, Sang Buddha mengajarkan kita untuk mengawasi pergerakan sang Pikiran. Dengan memperhatikan pergerakan pikiran, kita akan melihat sifat-sifat asalnya, yakni: selalu berubah-ubah, tidak memuaskan, dan tanpa inti diri/kosong.

Cara terbaik untuk mengetahui dan memeriksa pergerakan pikiran kita sendiri adalah dengan membiarkan semua bentuk-bentuk pikiran yang baik maupun yang buruk itu timbul, tumbuh dan berkembang apa adanya, kemudian "biarkanlah mereka berlalu"

-oOo-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar