Sabtu, Desember 08, 2012

Serakah


SERAKAH

Ada seorang pengemis yang setiap hari berkeliaran di jalanan, dia selalu berpikir, betapa senangnya jika ditangannya ada uang 2000 dollar..

Pada suatu hari…
Pengemis ini tanpa sengaja melihat seekor anjing kecil yang lucu dan mungkin sedang tersesat. Pengemis ini melihat disekelilingnya tidak ada seorangpun, lalu ia menggendong anjing kecil ini pulang ke gubuknya dan mengikatnya disana.

Rupanya pemilik anjing ini adalah orang yang paling kaya dikota itu, hartawan ini setelah kehilangan anjingnya sangat panik karena anjing ini adalah anjing ras yang sangat terkenal yang diimport dari luar negeri serta sangat disayanginya.

Lalu hartawan ini membuat pengumuman di seluruh TV yang ada dikota dan mengatakan bahwa siapa saja yang menemukan anjingnya akan diberi hadiah 2000 dollar.

Keesokan harinya ketika pengemis ini keluar untuk mengemis, ia melihat pengumuman ini, lalu tergesa dan hati berbunga dia pulang ke gubuknya ia menggendong anjing itu untuk pergi mengambil hadiahnya.

Ketika dia tergesa menggendong anjing ke stasiun TV , dia melihat pengumuman telah berubah,  hadiahnya sudah bertambah menjadi 3000 dollar. Rupanya karena si hartawan ini tidak dapat menemukan anjingnya, lalu telepon ke stasiun TV menambah hadiahnya menjadi 3000 dollar.

Pengemis ini hampir tidak percaya kepada matanya sendiri, langkah kakinya tiba-tiba berhenti. Setelah dipikir-pikir, akhirnya dia menggendong anjingnya kembali ke gubuknya lalu diikatnya kembali anjing tersebut.

Setelah hari ke 3, benar saja hadiahnya bertambah lagi,  pada hari ke 4 hadiah bertambah lagi, setelah hari yang ke 7, hadiahnya sudah sangat menggagetkan seluruh penduduk kota.

Pada saat itulah si pengemis ini lari pulang ke gubuknya, untuk mengambil anjing itu, tetapi diluar dugaannya sungguh kasihan anjing kecil itu sudah mati kelaparan, karena si pengemis tak punya cukup uang untuk memberi makan dan merawat anjing tersebut.

Ya, itulah nasibnya si pengemis tetaplah jadi pengemis, oleh karena keserakahannya akhirnya ia tak memperoleh sepeser pun.

Pesan Moral :
Sebenarnya didalam kehidupan kita ini banyak kesempatan yang bagus,
bukan karena kita tidak berjodoh mendapatkannya, tetapi karena target dan harapan yang kita pasang terlalu tinggi seta Tidak Konsisten dan mungkin karena rasa ego serta ketamakan kita yang selalu ingin mendapatkan lebih. Maka ketika kita sudah hampir mendekati sebuah target, terkadang kita akan merubah arah mendekati target yang lebih tinggi, bahkan kadang target yang tak realistis dan tak sesuai dengan situasi dan kondisinya saat itu alias diawang-awang dan tak terjangkau.

Rasa Puas dan tahu batas cukup- sangat penting dalam hidup ini. Kalau kita tak bisa merasakan dan mengendalikannya, bukan tak mungkin malah akan membuat kita bahkan menjadi lebih susah dari sebelumnya ditambah akibat penyesalan yang berkepanjangan.

Ada seorang ahli filsafat dari negeri barat mengatakan ;

”Harapan manusia bagaikan sebuah gunung berapi,
jika tidak dapat mengontrolnya akan melukai diri sendiri”

Keinginan adalah sumber penderitaan yang menuntut untuk terpuaskan, padahal nafsu keinginan tidak bisa dipuaskan kecuali memiliki rasa puas atas apa yang dimiliki.


"Orang yang pikirannya gelisah,
yang penuh dengan nafsu,
maka nafsu keinginannya terus bertambah"
(Dhammapada 349)

-oOo-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar