Jumat, Desember 21, 2012

Menjadi Tercerahkan


MENJADI TERCERAHKAN
Oleh : Dalai Lama


Dalam buku ini Dalai Lama menjelaskan dasar dasar ajaran-ajaran Buddha tentang meditasi, moralitas, dan tidak mementingkan diri sendiri yang bisa diibaratkan seperti lampu, yang menerangi kegelapan, yang menghilangkan ketidaktahuan; bentuk tertinggi dari kekayaan dunia; teman yang terbaik ; Penyembuh dalam pengembangan internal dan hadiah yang terbaik yang bisa kita miliki. Dia mencatat:

“Tujuan mendengarkan dan mempelajari ajaran-ajaran Buddha adalah untuk mengatasi tiga racun dari emosi manusia- nafsu, kebencian, dan ketidaktahuan – dan terlibat dalam praktik memberi sehingga Anda dapat mencapai-mengetahui semua wawasan yang akan memungkinkan Anda untuk membantu orang lain pada skala yang luas. “

Dalam dunia yang penuh dengan kelaparan yang meluas, kekerasan, dan penderitaan, Dalai Lama menawarkan pesan belas kasih dan kebaikan. Dalam buku yang praktis dan sangat mendalam ini, ia menawarkan tiga tingkat praktek spiritual yang dapat mengubah kehidupan kita dan cara kita bertindak setiap hari. Dalam bagian mengenai tingkat awal praktek, Dalai Lama menyajikan gagasan dan latihan untuk mengeksplorasi situasi keberuntungan kita, karena mengetahui bahwa kita akan mati, untuk berpikir tentang kehidupan masa depan, untuk mengidentifikasi tempat perlindungan, dan untuk berurusan dengan karma. Dia mengutip Atisha yang berkata:

Karena tubuh ini adalah kesenangan dan kesempatan yang lengkap
Sangat sulit untuk mendapatkan, dan sekalinya diperoleh
Akan sangat sulit untuk memilikinya kembali,
Buatlah bermakna dengan berjuang untuk melatihnya. “

Tantangannya adalah untuk menjadi ” manusia yang sangat diberkahi” yang menempatkan orang lain terlebih dahulu melalui kerelaan berkorban, kemurahan hati, dan kasih sayang.

Pada pelatihan spiritual tingkat menengah , Dalai Lama menyampaikan makna penderitaan, perjuangan melawan afflictive emosi, dan implikasi dari kefanaan. Pada bagian akhir buku pada praktek tingkat tinggi, penulis membahas tentang altruisme/belas kasih, membangkitkan belas kasihan yang besar, perubahan diri dan lainnya, bagaimana melihat realitas, cara untuk menganalisis, dan Kebuddhaan. Disini Dalai Lama menggarisbawahi langkahnya dengan wawasan yang tinggi seperti berikut:

“Cara untuk meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi dari praktek spiritual adalah untuk mengembangkan altruisme/belas kasih ke titik di mana kita mendapatkan pencerahan dalam rangka untuk melayani orang lain secara lebih efektif yang membuat motivasi dalam diri Anda untuk semua yang Anda lakukan.”

Akhirnya, Dalai Lama menyajikan ajaran-ajaran tentang enam kesempurnaan – kemurahan hati, moralitas, kesabaran, usaha, konsentrasi, dan kebijaksanaan – untuk membantu kita berkembang dalam perjalanan kita mengatasi ego untuk mendapatkan pencerahan.

Dengan panduan praktis dan dorongan dari Dalai Lama kita akan menemukan cara untuk membebaskan diri dari siklus penderitaan yang kita alami. Kita akan belajar bagaimana untuk merubah perhatian, untuk memahami sifat kematian dan kelahiran kembali, dan untuk menemukan tempat sejati kita di dunia. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam buku luar biasa ini, kita mungkin akan mengenali sendiri sifat sebenarnya dari kebahagiaan. Pada akhirnya, kita bahkan mungkin akan mengalami pencerahan sejati.

Bagi Dalai Lama, keindahan sikap internal lebih penting daripada kecantikan eksternal. Dalam terang kebenaran ini, berlatih meditasi, mengembangkan ketenangan hati, menyayangi setiap orang, membalas kebaikan orang lain, dan memupuk cinta adalah esensi semua dalam membantu dan menghayati keindahan. Becoming Enlightened diterjemahkan dan disunting oleh Jeffrey Hopkins, yang selama satu dekade menjabat sebagai penerjemah untuk Dalai Lama, ia sendiri adalah penulis lebih dari 40 buku dan terjemahan.

-oOo-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar