Sabtu, Desember 22, 2012

Metta (Cinta Kasih)


METTA
(Cinta Kasih)
Oleh : Tanhadi

Metta berarti Anda mengasihi musuh-musuh Anda ; namun hal ini tidak berarti Anda menyukai musuh-musuh Anda. Jika seseorang bermaksud membunuh Anda, dan Anda berkata : “ Saya menyukai dia “, ini adalah suatu ketololan !.

Demikian pula jika ada seorang pemabuk masuk kedalam rumah Anda dalam keadaan kumal dan menjijikkan, buruk dan berpenyakitan, dan tiada suatu apapun yang menarik pada dirinya, kita mengatakan : “ Saya menyukai orang ini,” tentu itu hal yang menggelikan.

Akan tetapi, kita dapat mengasihi mereka, yang berarti kita dapat menjauhkan diri dari pikiran-pikiran buruk dan berbagai keinginan untuk melukai atau membinasakan mereka.

Meskipun Anda mungkin tidak menyulkai orang tersebut, Namun tetaplah bersikap baik, mengasihinya, tidak antipati dan tidak terperangkap dalam reaksi atas keadaan yang tidak menyenangkan, itulah yang dimaksud dengan Metta.

Intinya adalah :”Anda jangan berdiam di dalam kebencian.”

Metta adalah kasih yang universal, tidak terbatas, dan bebas dari tindakan kekerasan, kebencian, sakit hati dan permusuhan.

Metta yang sejati bersih dari kepentingan pribadi. Ia tumbuh di dalam hati yang hangat oleh kasih, simpati dan persahabatan, yang dapat dikembangkan tanpa batas, melampaui segala rintangan sosial, agama, ras, ekonomi dan politik.

Semoga kita bebas dari kebencian dan senantiasa memancarkan Cinta kasih dan kasih sayang kepada semua makhluk. Semoga semua makhluk berbahagia.

(Terinspirasi bacaan: The Path to the Deathless-Ajahn Sumedho)

-oOo-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar