Minggu, November 04, 2012

Kepribadian Seseorang Bagai Sebuah Tulisan


KEPRIBADIAN SESEORANG BAGAI SEBUAH TULISAN


Para Bhikkhu, ada tiga jenis individu yang ada di dunia. Apakah tiga itu? Individu yang seperti tulisan pada batu karang, individu yang seperti tulisan pada tanah, dan individu yang seperti tulisan pada air.

“Dan bagaimanakah individu yang seperti tulisan pada batu karang?
Ada kasus dimana orang tertentu yang mudah menjadi marah, dan kemarahannya bertahan lama.

Sama seperti tulisan pada batu karang yang tidak cepat terhapus oleh angin atau air dan bertahan lama, dengan cara yang sama orang tertentu seringkali menjadi marah, dan kemarahannya bertahan lama. Ini yang dikatakan individu yang seperti tulisan pada batu karang.

“Dan bagaimanakah individu yang seperti tulisan pada tanah?
Ada kasus dimana orang tertentu yang mudah menjadi marah, tetapi kemarahannya tidak bertahan lama.

Sama seperti tulisan pada batu karang yang cepat terhapus oleh angin atau air dan bertahan lama, dengan cara yang sama orang tertentu seringkali menjadi marah, dan kemarahannya tidak bertahan lama. Ini yang dikatakan individu yang seperti tulisan pada tanah.

“Dan bagaimanakah individu yang seperti tulisan pada air?
Ada kasus dimana orang tertentu - ketika mendapatkan ucapan yang tidak lembut, ucapan yang kasar, ucapan yang tidak menyenangkan - meskipun demikian tetap ramah, bersahabat, & sopan.

Sama seperti tulisan pada air yang langsung hilang dan tidak bertahan lama, dengan cara yang sama orang tertentu - ketika mendapatkan ucapan yang tidak lembut, ucapan yang kasar, ucapan yang tidak menyenangkan - meskipun demikian tetap ramah, bersahabat & sopan. Ini yang dikatakan individu yang seperti tulisan pada air.

“Inilah tiga jenis individu yang ada di dunia.”

(AN 3.130 :  Lekha Sutta )

* Diterjemahkan dari bahasa Pāi ke bahasa Inggris oleh Bhikkhu Thanissaro







Tidak ada komentar:

Posting Komentar